Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Anggaran untuk Santunan Petugas KPPU Berasal dari KPU

Ekonomi kementerian keuangan pemilu serentak 2019
Eko Nordiansyah • 26 April 2019 11:53
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut anggaran untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengalami musibah usai menjalankan tugasnya berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Detail pelaksanaannya juga diserahkan kepada KPU.
 
"Anggarannya dari KPU. Untuk detailnya bisa ditanyakan langsung ke KPU yang melaksanakan hal itu," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani kepada Medcom.id di Jakarta, Jumat, 26 April 2019.
 
Saat ini, KPU masih menyusun mekanisme pemberian santunan kepada petugas KPPS yang tertimpa musibah. Bahkan usulan untuk pengajuan anggaran santunan bagi petugas KPPS sudah disetujui oleh Kemenkeu, hanya tinggal menunggu persetujuan besaran yang akan diberikan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemarin kita sudah rapat. Sampai dengan hari ini prinsipnya sudah disetujui, tinggal Kementerian Keuangan akan menetapkan besarannya berdasarkan usulan kita," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Rabu, 24 Maret 2019 lalu.
 
Arief mengatakan KPU mengusulkan petugas KPPS yang meninggal dunia disantuni Rp30 juta hingga Rp36 juta sementara petugas yang mengalami musibah hingga menyebabkan cacat disantuni maksimal Rp30 juta, dan petugas luka-luka Rp16 juta.
 
Sementara itu, Sekretaris Jenderal KPU Arief Rahman Hakim menjamin KPU tak akan memberikan persyaratan yang menyulitkan keluarga petugas KPPS yang ingin menebus santunan. Nantinya KPU akan mengelurkan petunjuk tenkis (jukni) pencairan santunan bagi keluarga petugas KPPS.
 
"Intinya persyaratanya semudah mungkin, kalau yang bersangkutan anggota KPPS, ada keterangan dari ketua KPPS, kemudian diverifikasi di tingkat atasnya atau TPS. Tapi prinsipnya kami akan mengeluarkan juknis yang tidak menyulitkan," ujarnya.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif