Bank Dunia Apresiasi Langkah BI Stabilkan Rupiah
Ilustrasi. (Foto: Antara/Yudhi Mahatma).
Jakarta: Bank Dunia mengapresiasi langkah Bank Indonesia (BI) yang dengan segera melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah. Sebelumnya rupiah sempat menyebut level Rp14.200 per USD, disebabkan penguatan mata uang Negeri Paman Sam tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A Chaves mengatakan, kerangka kebijakan ekonomi makro yang sehat memberikan penyangga terhadap peningkatan volatilitas global. Kebijakan moneter telah berjalan dengan baik, menjaga suku bunga riil di wilayah positif dan mempertahankan ekspektasi inflasi.

"Belum lama ini, meskipun inflasi stabil, Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga sebanyak dua kali, sebesar 25 bps setiap kalinya, untuk memberi sinyal bagi komitmennya terhadap stabilitas," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Dirinya menambahkan, cadangan devisa yang mencapai tingkat tertinggi (record level), dan perjanjian pertukaran bilateral memungkinkan BI untuk mempertahankan nilai rupiah. Walaupun BI telah menjalankan kebijakan yang selayaknya dengan tidak menargetkan tingkat tertentu untuk nilai mata uang.

"Selain itu, nilai rupiah secara efektif tetap 5,3 persen lebih kuat dari pada nilai di Januari 2014, menyusul akibat yang berkepanjangan dari apresiasi ril yang terjadi pasca Taper Tantrum," jelas dia.

Langkah-langkah makroprudensial, terutama yang terkait dengan lindung nilai (hedging) terhadap eksposur mata uang asing oleh korporasi, berkontribusi terhadap ketahanan. Meskipun defisit fiskal telah terkendali dengan baik, target konsolidasi fiskal untuk 2019, tahun pemilihan umum, telah ditetapkan sebagai tanda lebih lanjut dari komitmen terhadap stabilitas.

"Empat peningkatan peringkat kredit (oleh lembaga pemeringkat internasional) dalam dua belas bulan terakhir menguatkan peningkatan lingkungan ekonomi negara, manajemen fiskal, dan kelayakan kredit secara keseluruhan," pungkasnya.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id