Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP

Menkeu: Pemulihan Ekonomi Negara G20 Masih Rapuh

Ekonomi Sri Mulyani KTT G20 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 22 November 2020 12:26
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai pemulihan ekonomi di sejumlah negara-negara anggota G20 mulai menunjukkan perbaikan. Sayangnya, pemulihan ekonomi yang terjadi pada kuartal III-2020 ini masih terlalu dini dan sangat rapuh.
 
"Meskipun pada kuartal III, banyak perekonomian di negara G20 sudah menunjukkan adanya pembalikan, namun itu masih sangat awal dan masih sangat rapuh," kata dia usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara virtual di Jakarta, Minggu, 22 November 2020.
 
G20 mengajak semua negara untuk melakukan kebijakan bersama-sama dalam menangani pandemi covid-19 dan mengendalikan perekonomian agar kembali pulih. Untuk mencapai itu, ia menambahkan, diperlukan dukungan berbagai kebijakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dukungan kebijakan perekonomian dan keuangan terutama di bidang fiskal, moneter dan regulasi di bidang sektor keuangan perlu dilakukan dan terus dilakukan," ungkapnya.
 
Sri Mulyani menjelaskan, salah fokus pembahasan dalam KTT G20 yaitu finance track. Dalam pembahasan finance track, menekankan agar kebijakan-kebijakan untuk mendukung pemulihan ekonomi, tetap dilakukan dan tidak terlalu cepat diselesaikan.
 
"Artinya kebijakan fiskal, moneter dan regulasi sektor keuangan harus tetap dijalankan sampai ekonomi betul-betul pulih secara kuat. Di dalam finance track juga dibahas mengenai pembiayaan dari covid-19, vaksin, yang tentu memakan resources yang sangat besar," pungkas dia.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif