Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani.

Penerimaan Pajak di Kanwil DJP Jakarta Utara Capai Rp34 Triliun

Ekonomi perpajakan ditjen pajak
Husen Miftahudin • 13 Desember 2019 11:43
Jakarta: Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Utara mencatat realisasi penerimaan pajak per awal Desember 2019 mencapai sekitar Rp34 triliun. Angka itu setara 81 persen dari total target sebanyak Rp41 triliun.
 
"Target kita 100 persen (tercapai). Ini kan masih ada beberapa hari, dan biasanya di hari-hari terakhir ini ada lonjakan penerimaan, mudah-mudahan bisa nambah lagi biar optimal," harap Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara Adjat Djatnika dalam peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2019 di area Museum Kota Tua, Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.
 
Untuk merealisasikan target, jelas Adjat, Kanwil DJP Jakarta Utara akan mengintensifkan penerimaan pajak dari Wajib Pajak (WP) potensial. Para WP potensial itu akan dipanggil ke kanwil untuk melunasi tunggakan pajak mereka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita datangi juga WP-WP potensial tersebut. Kalau secara surat dan telepon itu sudah pasti. Karena kita memanfaatkan data, kita panggil, kita datangi, kita sadarkan mereka supaya bayar. Intinya kita berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan yang ada karena waktu yang mepet," tegas Adjat.
 
Adjat mengklaim tingkat kepatuhan pajak di Kanwil DJP Jakarta Utara sudah mencapai lebih dari 90 persen. Dia menyebutkan, angka kepatuhan tersebut lebih tinggi daripada tingkat penerimaan pajak.
 
"Angka kepatuhannya lumayan, kepatuhannya lebih tinggi daripada jumlah penerimaannya. Jadi secara kepatuhan mereka sudah lumyan walaupun tentunya belum 100 persen, khusus di Jakarta Utara kepatuhannya sudah 90 persen lebih," urai Adjat.
 
Hingga Desember 2019, penerimaan pajak secara nasional baru mencapai Rp1.136 triliun. Realisasi ini baru mencapai 72 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp1.577 triliun.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif