Ilustrasi BPK. MI/RAMDANI
Ilustrasi BPK. MI/RAMDANI

BPK Periksa Pengelolaan Keuangan Negara dalam Penanganan Covid-19

Ekonomi keuangan Virus Korona
Nur Azizah • 08 September 2020 11:20
Jakarta: Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dalam penanganan covid-19. Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan prinsip tata kelola yang baik, seperti transparansi dan akuntabilitas, harus tetap diterapkan meski masa pandemi.
 
"Dalam kondisi apa pun, kita wajib patuh terhadap ketentuan perundang-undangan," kata Agung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Agustus 2020.
 
Agung mengapresiasi respons pemerintah dalam menangani pandemi covid-19. Sejumlah kebijakan diterbitkan untuk menangani masalah kesehatan dan ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun dalam pelaksanaan, sejumlah masalah muncul. Contoh, satu sisi secara makro ada indikasi kontraksi atas pengeluaran pemerintah. Padahal saat yang sama pemerintah mendorong pelaksanaan anggaran guna menahan laju perlambatan ekonomi," ujar dia.
 
Agung belum bisa memastikan masalah tersebut terkait tata kelola anggaran atau kompleksitas prosedur. Menurut dia, masalah tersebut juga bisa disebabkan kapasitas fiskal pemerintah.
 
"Atau karena pelaksanaan anggaran yang diawali dengan penerbitan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran)? Atau memang ada masalah terkait kapasitas fiskal yang saat ini dikelola pemerintah? Semuanya hanya bisa dijawab melalui pemeriksaan," kata Agung.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif