Gedung DPR RI (MI/SUSANTO)
Gedung DPR RI (MI/SUSANTO)

Legislator Nilai Gejolak Rupiah Wajar Usai Suku Bunga AS Naik

Ekonomi rupiah menguat kurs rupiah ekonomi indonesia
Gervin Nathaniel Purba • 16 Desember 2016 14:53
medcom.id, Jakarta: Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menganggap wajar adanya gejolak yang terjadi di kurs nilai tukar usai Federal Reserve atau the Fed memutuskan untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan di kisaran 0,50 persen sampai 0,75 persen. Terpenting gejolak tersebut tidak signifikan dan mulai mereda sekarang ini.
 
Anggota Komisi XI DPR RI Donny Imam Priambondo mengatakan, Indonesia pasti akan selalu terkena dampak baik dari the Fed menaikkan maupun menurunkan tingkat suku bunga acuannya. Satu hal yang pasti, kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih kokoh sehingga tidak terpengaruh signifikan oleh sentimen negatif dari global.
 
"Apa yang disampaikan Bu Sri Mulyani fundamental cukup baik, saya juga mengatakan hal sama. Tapi naik tidaknya kurs (rupiah) bukan hal menakutkan. Kan yang penting stabil," ujar Donny, di Jakarta, Jumat (16/12/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Donny tidak menampik jika nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) memang melemah dan itu merupakan hukum ekonomi yang wajar. Namun, jangan sampai fluktuasi kurs tidak menentu terus menerus.
 
Sebab, lanjutnya, hal tersebut membuat kondisi perkenomian menjadi tidak stabil dan otomatis membuat pelaku usaha terus menunggu sehingga berujung pada pergerakan ekonomi yang tidak terus tumbuh.
 
"Kita maunya kurs itu bertahan seterusnya atau setahun. Sebab pengusaha butuh kepastian," tuturnya.
 
Di lain sisi, Donny menilai, langkah Bank Indonesia (BI) yang kembali mempertahankan tingkat suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate di level 4,75 persen sebagai langkah yang bijak usai the Fed menaikkan suku bunga acuannya.
 
"Akhir tahun ini saya kira BI akan lebih bijak," pungkasnya.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif