Pemerintah Ajak Swasta Terlibat Biayai PSN
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)
Jakarta: Pemerintah berharap pihak swasta dapat terlibat untuk membiayai pembangunan 222 Proyek Strategis Nasional (PSN) dan tiga program tambahan. Pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan kas negara yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semata.

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan pemerintah bisa mengandalkan pendanaan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), Public Private Partnership (PPP), dan Pembiayaan Infrastruktur Non APBN (PINA).

"Pembangunan infrastruktur tak mungkin hanya pakai APBN. Uang BUMN pun ada keterbatasan. Maka kita upayakan melalui KPBU atau PPP maupun PINA," kata dia, di Gedung Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 27 April 2018.

KPPIP memperkirakan total investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan ratusan PSN yang ditetapkan mencapai Rp4.092 triliun. Sementara hanya sekitar setengah dari kebutuhan dana yang bisa dipenuhi melalui APBN, atau mengandalkan peran dari BUMN dan BUMD.

"Gambarannya hampir Rp4.100 triliun kebutuhan untuk pembangunan PSN ini. APBN Rp423 triliun untuk PSN, BUMN, dan BUMD Rp1.255 triliun. Ini yang akan kita dorong Rp2.414 triliun itu bagaimana swasta kita libatkan," jelas dia.

Saat ini ada 222 proyek strategis nasional ditambah tiga program tambahan yang nilainya lebih dari Rp4.100 triliun. Sebanyak 74 proyek merupakan pembangunan infrastruktur jalan, sisanya ada bendungan, kawasan ekonomi khusus, pelabuhan, bandara, irigasi, pendidikan, dan program agraria.

Kebutuhan dana tertinggi yakni 11 proyek energi senilai Rp1.210 triliun, satu program ketenagalistrikan Rp1.036 triliun, 69 proyek jalan Rp670 triliun, 29 proyek kawasan Rp388 triliun, dan 16 proyek kereta Rp387 triliun. Namun ada 10 proyek yang belum diketahui nilai investasinya.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360