Ilustrasi. Foto: dok.MI
Ilustrasi. Foto: dok.MI

Meski Keluar dari Resesi, Ekonomi RI Masih Belum Pulih

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Ekonomi Indonesia pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 05 Agustus 2021 13:14
Jakarta: Ekonomi Indonesia resmi keluar dari resesi setelah berhasil tumbuh sebesar 7,07 persen pada kuartal II-2021. Pertumbuhan ini mengakhiri catatan kontraksi ekonomi berturut-turut sejak kuartal II tahun lalu hingga kuartal I tahun ini.
 
"Secara teknis kalau keluar dari resesi itu ya, resesi itu kan kalau dua kuartal itu tumbuhnya negatif," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam video conference, Kamis, 5 Agustus 2021.
 
Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi hingga 7,07 persen secara year on year (yoy) ini mengindikasikan bahwa perekonomian sudah mulai positif. Namun meski sudah membaik, Margo menyebut ekonomi belum kembali ke kondisi sebelum pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun catatan saya tadi meski sudah tumbuh positif, sudah ada perbaikan, namun itu belum kembali pada kondisi ekonomi sebelum pandemi covid. Artinya tumbuh tiga persen (secara kuartalan), kalau sebelum covid itu empat persenan," jelas dia.
 
BPS sebelumnya mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 ini tembus 7,07 persen setelah besaran Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp4.175,8 triliun dan atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp2.772,9 triliun.
 
Secara kuartalan, pertumbuhan ekonomi Indonesia dibandingkan kuartal I 2021 ini tumbuh 3,31 persen. Sedangkan secara kumulatif dari Januari sampai Juni 2021 terhadap Januari-Juni 2020 perekonomian Indonesia tumbuh 3,10 persen.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif