Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (FOTO: AFP)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (FOTO: AFP)

Menkeu Pamer Kinerja Ekonomi RI di Pertemuan G-20

Ekonomi pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 16 April 2019 11:31
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kinerja perekonomian Indonesia dalam forum internasional. Adapun Indonesia termasuk sebagai negara dengan ekonomi besar yang tergabung dalam negara G-20.
 
Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam pertemuan G-20 dalam Spring Meetings Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2019 di Washington DC, Amerika Serikat. Dirinya menegaskan Indonesia berupaya mempertahankan pertumbuhan ekonominya agar disegani di lingkungan global
 
"Di forum-forum internasional ini lah Indonesia akan terlihat sebagai negara apakah sebagai yang negara yang diakui, disegani, dan memiliki kinerja ekonomi yang patut untuk disampaikan kemudian di-share oleh masyarakat dunia," kata dia, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, 16 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, dalam forum G-20 juga dibahas mengenai prospek ekonomi dunia, digitalisasi, kesehatan, pendidikan dan perpajakan. Selain itu dibahas pula upaya untuk menjaga dan menciptakan momentum pembangunan infrastruktur yang lebih sustainable.
 
"Sebagai negara yang memiliki cita-cita menjadi negara ekonomi terbesar ke-4 di dunia pada 2045, topik pembahasan tersebut penting dan relevan bagi Indonesia," jelas dia.
 
Sri Mulyani menyebut berbagai upaya pemerintah dalam memperbaiki kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan, menciptakan kesempatan kerja, membangun infrastruktur, hingga menciptakan perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).
 
Melalui forum tersebut, Indonesia berkontribusi serta berkesempatan mempelajari kebijakan negara lain dalam merespons tantangan pembangunan yang sama. Dirinya berharap Indonesia mampu menjadi suatu negara yang bisa mewakili 267 juta rakyatnya dengan bermartabat melalui pertukaran pemikiran dan kebijakan bagi dunia.
 
"Apa yang kita capai bisa kita banggakan, yang kita belum baik dapat kita perbaiki. Kita tidak malu belajar dan kita tidak segan untuk memberikan seluruh pengalaman Indonesia dalam mencapai pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat dan keadilan kepada negara-negara lain," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif