Ilustrasi penerbitan green sukuk Indonesia - - Foto: Medcom
Ilustrasi penerbitan green sukuk Indonesia - - Foto: Medcom

Green Sukuk Terbesar Dunia, RI Dapat Penghargaan Internasional

Ekonomi investasi Kementerian Keuangan sukuk ritel investasi hijau
Eko Nordiansyah • 27 April 2021 12:09
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendapatkan Climate Bonds Awards 2021 dari salah satu organisasi terkemuka di dunia, yang terus mendorong kemajuan green finance selama satu tahun terakhir.
 
CEO Climate Bonds Initiative Sean Kidney dalam pidatonya mengapresiasi pemerintah Indonesia atas penghargaan sebagai Green Sukuk Terbesar di dunia 2020. Menurutnya, hal ini bisa menjadi contoh bagi arah investasi di masa depan.
 
"Ini merupakan pengakuan publik kepada semua organisasi dan pemerintah yang berada di garis depan dalam melakukan capital shifting menuju solusi rendah karbon dan transisi yang lebih besar ke nol-bersih, memberikan contoh ekonomi nyata ke mana investasi harus diarahkan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 27 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indonesia menerbitkan USD750 juta atau Rp10,5 triliun (kurs Rp14 ribu per USD), untuk berbagai sektor yang mempromosikan transisi ke ekonomi rendah emisi dan pertumbuhan yang tahan iklim. Pembiayaan ini juga menargetkan mitigasi iklim, adaptasi dan pelestarian keanekaragaman hayati termasuk sektor energi dan transportasi.
 
"Masalah perubahan iklim sangat penting dan selalu menjadi perhatian utama Indonesia. Kekhawatiran ini tercermin melalui berbagai upaya dan pemerintahan kebijakan tentang perubahan iklim," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
 
Climate Bonds Awards, yang tahun ini memberikan 23 penghargaan, merupakan pengakuan internasional terkemuka atas kepemimpinan, praktik terbaik, inovasi dalam keuangan hijau dan berkelanjutan,  yang mencakup obligasi hijau, pinjaman, sukuk, dan perkembangan pasar yang signifikan dalam investasi berbasis iklim.
 
2021 merupakan tahun ke-6 Climate Bonds Awards yang memberikan pengakuan atas pencapaian yang telah dilakukan oleh organisasi atau pemerintahan dalam mengembangkan sektor keuangan berkelanjutan.
 
Dengan Climate Bonds Awards ini, penerbitan Green Sukuk oleh pemerintah Indonesia sudah mendapatkan 12 penghargaan internasional sejak pertama kali diterbitkan pada 2018. Penghargaan ini juga merupakan penghargaan internasional ke-42 bagi penerbitan Sukuk Negara.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif