Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo)

BI Catat Inflasi 0,48% di Januari 2019

Ekonomi inflasi bank indonesia
Ilham wibowo • 25 Januari 2019 15:06
Jakarta: Bank Indonesia (BI) merangkum aktivitas perdagangan selama Januari 2019 yang cenderung mengalami kenaikan harga. Artinya tingkat inflasi diprediksi mencapai 0,48 persen, sejalan dengan langkah yang dilakukan agar inflasi bergerak secara terkendali.
 
"Survei pemantauan harga minggu ke empat dari seluruh kantor BI, kita memperkirakan inflasi bulan ini 0,48 persen secara month to month dan 2,98 persen secara year on year," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.
 
Menurut Perry angka inflasi tersebut masih wajar lantaran harga pangan cukup terkendali. Nilai inflasi pada bulan ini terbilang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni 0,5 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua harga komoditas pangan atau inti terkendali, terima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah yang ikut mengendalikan harga," ungkapnya.
 
Beberapa komoditas terpantau masih mengalami kenaikan harga pada awal 2019 ini. Faktor musim penghujan pun dinilai paling signifikan mengubah nilai komoditas tersebut. "Memang ada beberapa kenaikan harga seperti telur ayam, daging ayam, tomat sayur, bawang merah, dan bahan makanan yang lain karena tergantung cuaca seperti musim hujan," paparnya.
 
Perry optimistis target inflasi 3,5 perse plus minus satu persen hingga akhir tahun bisa tercapai. Pihak BI maupun pemerintah terus berupaya dalam pengendalian harga. "Tapi keseluruhan inflasi rendah dan terkendali, sehingga akhir tahun akan lebih rendah dari 3,5 persen," pungkasnya.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif