Menkeu Sri Mulyani. Foto : MI/Permana.
Menkeu Sri Mulyani. Foto : MI/Permana.

Sri Mulyani Optimistis dengan Ekonomi di 2020

Ekonomi sri mulyani ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 07 Januari 2020 19:05
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis dengan perekonomian di tahun ini. Menurutnya, pelemahan yang terjadi di 2019 akan mulai membaik segaimana perkiraan dari berbagai lembaga ekonomi internasional.
 
"Kita harap 2020 kita harap ada pemulihan, namun kita juga lihat masih ada risk untuk outlook 2020," kata dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Januari 2020.
 
Pada pertengahan tahun lalu baik Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) merevisi ke bawah ekonomi tahun ini. Namun begitu, pertumbuhan ekonomi diyakini akan lebih baik dibandingkan dengan perekonomian tahun lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun risk yang muncul masih ada. Seperti brexit dan tensi geopolitik. Ini jadi tantangan kita, tapi sekaligus jadi ada optimisme maupun risiko di 2020," jelasnya.
 
Tahun ini pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 5,3 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pertumbuhan ekonomi ditopang oleh sektor konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya.
 
Sayangnya beberapa risiko masih akan mempengaruhi ekonomi 2020, yaitu ketidakpastian perang dagang, brexit, perlambatan ekonomi beberapa negara berkembang seperti India dan Tiongkok, pemilu di Amerika Serikat (AS), peningkatan utang yang berisiko pada stabilitas sistem keuangan, serta tensi politik dan geopolitik.
 
"Fundamental perekonomian yang baik selama tahun 2019 dan tren perbaikan yang mulai tampak menjadi modal kuat dalam menghadapi 2020 dengan terus melakukan di berbagai aspek untuk memperkuat ketahanan dan daya saing ekonomi nasional," pungkas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif