Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Kemenko Perekonomian)

Inflasi Mei Masih Dipengaruhi Harga Tiket Pesawat

Ekonomi inflasi pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 01 Juni 2019 06:01
Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memperkirakan inflasi Mei masih akan dipengaruhi oleh tingginya harga tiket pesawat. Meski harga tiket pesawat sudah mengalami penurunan, namun inflasi Mei sayangnya akan tetap tinggi karena periode Ramadan.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan inflasi pada Mei berkisar antara 0,5 sampai dengan 0,6 persen. Inflasi Ramadan tahun ini diprediksi lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya 0,93 persen di 2015, lalu 0,69 persen di 2016, kemudian 0,69 persen di 2017, dan 0,59 persen di 2018.
 
"Apa yang terutama membuat naik? Itu sebetulnya transportasi. Itu sebetulnya (tiket) tidak termasuk tinggi kenaikannya, karena sampai akhir bulan lalu sudah naik tinggi," kata Darmin, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat 31 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, harga bahan pangan juga memberi dampak pada inflasi Ramadan tahun ini. Walau harga beras cukup terkendali, namun sejumlah bahan pokok masih mengalami kenaikan yang menurut Darmin masih cukup terkendali.
 
"Bahan pangan itu ada ayam, pokoknya pangan di luar beras, lalu urusan cabai, bumbu-bumbuan. Sehingga kalau bicara angkutan sebetulnya bulan ini ada naiknya tapi tidak banyak, yang banyak itu naik sampai bulan lalu," jelas dia.
 
Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini menilai kenaikan harga tiket pesawat sedikit akan memengaruhi musim mudik. Hanya saja, harga pesawat yang tinggi berdampak lebih besar dirasakan oleh sektor pariwisata.
 
"Kita dalami terus nanti kita bicarakan lagi setelah Lebaran. Jadi bagaimana inflasi Lebaran itu dengan sekarang. Lebaran tahun ini tidak bisa dibilang rendah walaupun lebih rendah dari yang tinggi (di Lebaran sebelumnya) tadi," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif