Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA

Penurunan Level PPKM Diyakini Jadi Angin Segar bagi Pemulihan Ekonomi di Kuartal IV

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Ekonomi Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional Vaksinasi covid-19
Annisa ayu artanti • 21 September 2021 12:38
Jakarta: Penurunan level pada penerapan PPKM seiring terus berkurangnya kasus covid-19 di Indonesia dinilai akan berdampak pada pemulihan ekonomi di kuartal IV-2021. Namun, semua pihak diminta tidak lengah kembali dan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna meredam lonjakan virus mematikan itu.
 
Chief Economist Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat mengatakan penurunan level PPKM merupakan angin segar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Dirinya menilai pemerintah telah berhasil memberikan respons yang baik terhadap fenomena outbreak pada Juni dan Juli 2021.
 
"Apabila kondisi pengendalian covid-19 ini terus terkendali, peluang untuk perbaikan ekonomi pada kuartal IV akan terbuka lebar," kata Budi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 21 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain aturan PPKM dalam rangka pemulihan ekonomi, Budi menjelaskan, pemerintah juga telah fokus pada percepatan vaksinasi di beberapa daerah yang merupakan epicentrum perekonomian Indonesia seperti di DKI Jakarta, Bali dan wilayah lainnya.
 
Portofolio vaksin yang dimiliki pemerintah saat ini juga sudah lengkap seperti Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson. "Ini merupakan buah dari kinerja kolektif yang baik antara pemerintah dalam memperkuat testing, tracing, serta mendorong vaksinasi dan masyarakat yang patuh terhadap aturan PPKM," ujarnya.
 
Secara bertahap pemerintah pun mulai melakukan relaksasi terhadap kegiatan perekonomian dengan standar penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi tracing melalui aplikasi PeduliLindungi. Pemberian izin tempat makan termasuk restoran dan kafe agar pengunjungnya dapat makan di tempat atau dine-in telah mulai dilakukan.
 
Pemerintah juga telah melakukan uji coba pembukaan lokasi-lokasi pariwisata yang berada di wilayah PPKM level 2 dan 3. "Dengan melihat pemulihan yang terus membaik, Bahana TCW optimistis menyambut pemulihan ekonomi yang akan terjadi terutama di sektor riil pada kuartal IV," pungkasnya.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif