Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: dok MI/Ramdani.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: dok MI/Ramdani.

Sri Mulyani Beberkan Risiko Pemulihan Ekonomi di 2022

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Sri Mulyani Ekonomi Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 29 November 2021 18:22
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai beberapa risiko masih akan menjadi tantangan bagi pemulihan ekonomi pada 2022. Selain di Indonesia, pemulihan ekonomi yang tidak merata juga terjadi secara global sehingga bisa menimbulkan ketidakpastian.
 
"Pemulihan ekonomi global maupun domestik memasuki 2022 masih tidak merata dan bahkan tidak pastis sejalan dengan perkembangan pandemi covid-19 yang terus bermutasi dan masih mengancam seluruh negara di dunia," kata dia dalam video conference, Senin, 29 November 2021.
 
Selain itu, pemulihan ekonomi pada 2022 juga dibarengi munculnya risiko baru yang harus dikelola seperti volatilitas harga komoditas, tekanan inflasi dan implikasi kenaikan suku bunga di negara maju terutama Amerika Serikar (AS), rebalancing ekonomi Tiongkok, serta distrupsi rantai pasok, dan dinamika G20.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun menhadapi dinamika ketidakpastian, perekonomian Indonesia pada 2022 diproyeksi akan melanjutkan pemulihan yang semakin kuat. Penanganan pandemi yang efektif berhasil mengendalikan varian delta dengan lebih cepat sehingga aktivitas perekonomian kembali meningkat di kuartal IV-2021," ungkapnya.
 
Untuk itu, ia mensyukuri pemerintah dan DPR telah mengambil berbagai kebijakan yang luar biasa di bidang keuangan negara dalam dua tahun trakhir ini. Kebijakan APBN yang tepat dinilai menjadi kunci penanganan pandemi covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian nasional.
 
"Kami menyadari kerja sama yang baik antara pemerintah dan DPR telah mampu menghasilkan APBN yang responsif, tangguh, dan dinamis sehingga dapat meminimalkan dampak dari risiko pandemi dengan melindungi rakyat dan ekonomi Indonesia secara optimal," pungkas dia.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif