Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: dok MI)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: dok MI)

Menkeu Pastikan Sisa Pencairan THR Serentak Hari Ini

Ekonomi pns tunjangan hari raya ASN
Ilham wibowo • 24 Mei 2019 13:34
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS), Polri/TNI dan Pensiunan hampir rampung 100 persen. Pencairan telah dilakukan untuk Rp19 triliun dari alokasi kebutuhan sebesar Rp20 triliun.
 
"Kami sudah monitor, hasilnya pencairan dana THR sampai 24 Mei pukul 10.00 WIB, telah dicairkan THR sebesar Rp19 triliun, 95 persen dari proyeksi kebutuhan dana sebesar Rp20 triliun," ujar wanita yang kerap disapa Ani ini, di kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Mei 2019.
 
Dana yang telah cair tersebut telah disalurkan untuk membayar THR bagi PNS, prajurit TNI, anggota Polri sebesar Rp11,4 triliun dan penerima pensiun atau tunjangan sebesar Rp7,6 triliun. Pembayaran dilakukan serentak pada hari ini termasuk untuk THR bagi penerima pensiun/tunjangan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terhadap pembayaran THR, pensiun dan tunjangan juga serentak hari ini dilakukan dengan pemindahan buku dari para pensiun. Bisa ambil di rekening masing-masing melalui ATM dan kantor pos, semua serentak hari ini," paparnya.
 
Satuan Kerja yang belum dapat mengajukan SPM THR sampai dengan 24 Mei 2019 masih dapat mengajukan SPM THR sebelum Hari Raya ldulfitri atau 31 Mei 2019. Pengajuan juga masih bisa dilakukan setelah hari raya.
 
Pelaksanaan pemberian THR 2019 dilakukan pemerintah setelah mengeluarkan ketentuan pemberian THR dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2019 mengenai pemberian THR kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.
 
"Serta Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2019 mengenai pemberian THR kepada pimpinan dan pegawai non-PNS pada lembaga nonstruktural," kata Sri.
 
Untuk melaksanakan amanah kedua PP tersebut, Menteri Keuangan telah menetapkan PMK Nomor 58/PMK.05/2019 yang mengatur mengenai petunjuk teknis pelaksanaan pemberian THR kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
Kemudian, PMK Nomor 59/PMK.05/2019 yang mengatur mengenai petunjuk teknis pelaksanaan pemberian THR kepada Pimpinan dan Pegawai NnonPNS pada Lembaga Nonstruktural yang bersumber dari APBN.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif