Gedung BPS (MI/Atet Dwi Pramadia)
Gedung BPS (MI/Atet Dwi Pramadia)

BPS Catat Inflasi 0,62% di Desember 2018

Ekonomi inflasi bps ekonomi indonesia
Ilham wibowo • 02 Januari 2019 11:39
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami kenaikan harga atau inflasi pada Desember 2018. Secara bulanan (month-to-month), tingkat inflasi mencapai 0,62 persen.
 
"Biasa di Desember adalah bulan sibuk. Ada libur anak sekolah dan libur Natal dan Tahun Baru. Pemantauan di 82 kota terjadi inflasi 0,62 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Ia memaparkan sebanyak 80 dari 82 kota pemantauan tersebut masuk dalam catatan kategori inflasi. Dua kota yang mengalami deflasi yakni Sorong 0,15 persen dan Kendari 0,09 persen. "Sebanyak 80 kota inflasi dan dua kota deflasi. Inflasi tertinggi ada di Kupang dengan 2,09 persen dan inflasi terendah ada di Banda Aceh dengan 0,02 persen," paparnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suhariyanto mengatakan inflasi Desember 2018 cenderung dipengaruhi kelompok bahan makanan dengan andil inflasi sebesar 0,29 persen. Selain itu, adil inflasi kedua terbesar disumbang kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,24 persen.
 
"Kelompok pengeluaran inflasi Desember ini karena dipengaruhi kenaikan transportasi udara dan bahan makanan terutama telur dan daging ayam ras," ungkapnya.
 
Berdasarkan komponen penyumbang, tercatat komponen tingkat harga yang diatur pemerintah mengalami inflasi 0,24 persen. Sementara komponen inflasi inti inflasi 0,09 persen, dan komponen gejolak harga pangan inflasi 0,29 persen.
 
"Pada Desember 2018 di pedesaan inflasi 0,58 persen. Saya ingatkan nilai itu tidak bisa dibandingkan langsung karena cakupan komoditasnya beda," pungkas Suhariyanto.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif