Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga

Stabilitas Sistem Keuangan Kuartal III-2020 Terjaga untuk Dukung Pemulihan Ekonomi

Ekonomi Sri Mulyani Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 27 Oktober 2020 16:20
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan stabilitas sistem keuangan pada kuartal III-2020 ini tetap terjaga. Menurut dia kondisi ini diharapkan mampu menopang proses pemulihan ekonomi nasional yang saat ini mulai berangsur membaik.
 
"Indikator stabilitas sistem keuangan berada pada kondisi normal di tengah masih tingginya ketidakpastian sebagai dampak dari pandemi covid-19," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Untuk menghadapi ketidakpastian akibat covid-19 tersebut, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) akan terus memperkuat sinerginya di dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan sekaligus menjaga stabilitas sistem keuangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, aktivitas perekonomian pada kuartal III-2020 telah tunjukkan adanya pemulihan sesudah mengalami tekanan sangat berat pada kuartal II-2020 akibat dilaksanakannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh dunia.
 
"Jadi kuartal II, kondisi ekonomi di Indonesia sama dengan banyak negara di seluruh dunia yang mengalami tekanan berat dan kita lihat di kuartal III sudah menunjukkan pemulihan secara berangsur," jelas dia.
 
Perkembangan ekonomi nasional, sejalan dengan revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia oleh Dana Moneter Internasional (IMF). Menurut IMF, pertumbuhan ekonomi akan membaik dari sebelumnya minus 5,2 persen pada Juni, menjadi minus 4,4 persen untuk 2020.
 
"Revisi itu terutama ditopang pemulihan aktivitas ekonomi di kuartal III-2020 di negara-negara maju dan juga Tiongkok yang lebih baik dari perkiraan IMF semula. Juga mobilitas global yang kembali meningkat sesudah mulai dilaksanakannya pelonggaran pembatasan sosial," pungkasnya.
 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif