Ilustrasi Yuan Jepang - - Foto: AFP
Ilustrasi Yuan Jepang - - Foto: AFP

Penerbitan Samurai Bond Antisipasi Kebutuhan Belanja

Ekonomi surat utang Kementerian Keuangan samurai bond
Eko Nordiansyah • 03 Juli 2020 17:00
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing berdenominasi yen Jepang (Samurai Bond). Total Samurai Bond tersebut mencapai 100 miliar yen Jepang atau setara Rp13,4 triliun (kurs Rp134 per yen Jepang).
 
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan penerbitan Samurai Bond sebagai langkah antisipasi dalam memenuhi kebutuhan belanja hingga akhir tahun.
 
"Pemerintah ini dalam konteks sekarang harus selalu oportunistik, pasar lagi bagus jadi pertimbangan sekarang. Tapi di sisi lain kita juga harus melihat perkembangan kebutuhan kita sampai akhir tahun seperti apa," katanya dalam videoconferencedi Jakarta, Jumat, 3 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Febrio menegaskan selama ini pemerintah tidak serta merta mengambil utang dalam denominasi valuta asing. Pemerintah mempertimbangkan kondisi pasar yang semakin membaik, serta sisa anggaran yang masih cukup dalam membiayai berbagai kebutuhan belanja negara.
 
"Saat ini bisa dilihat likuiditas di pemerintah masih sangat ample, tapi dalam beberapa bulan ke depan ini akan banyak digunakan sehingga cash manajemen dari bulan ke bulan pemerintah akan mulai terlihat banyak dalam beberapa bulan ke depan," jelas dia.
 
Baca juga: Pemerintah Terbitkan Surat Utang Yen Jepang Rp13,4 Triliun
 
Dilansir dari keterangan resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, ada lima seri Samurai Bonds yang diterbitkan yaitu RIJPY0723, RIJPY0725, RIJPY0727, RIJPY0730 dan RIJPY0740.
 
"Dana yang diterima pemerintah dari penerbitan Samurai Bonds ini akan digunakan sebagai pembiayaan defisit APBN, termasuk untuk upaya penanggulangan dan pemulihan pandemi covid-19," tulis keterangan resmi tersebut.

 

(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif