Gubernur BI Perry Warjiyo. FOTO: Bank Indonesia
Gubernur BI Perry Warjiyo. FOTO: Bank Indonesia

BI Siap Jaga Rupiah Sesuai Fundamental Ekonomi

Ekonomi bank indonesia kurs rupiah ekonomi indonesia
Antara • 28 Januari 2020 11:01
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan bahwa pihaknya siap menjaga nilai tukar rupiah agar tetap sesuai dengan fundamental perekonomian dan bergerak sejalan mekanisme pasar. Sejauh ini penguatan rupiah masih bergerak sesuai mekanisme pasar sehingga mampu mendukung kegiatan perekonomian seperti investasi, impor, dan ekspor.
 
“Sejauh ini kami lihat penguatan rupiah berdampak positif tapi kami yakinkan jika menguat terlalu jauh dan ekonomi memburuk maka kami tidak segan mengarahkan nilai tukar agar lebih stabil sehingga kami lakukan assesment,” katanya, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.
 
Perry menegaskan BI terus melihat mekanisme pasar sehingga jika terdapat pergerakan yang tidak sejalan fundamental dan terlalu bergejolak maka pihaknya akan menstabilkan rupiah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita tidak segan melakukan stabiliasasi rupiah baik spot, pembelian Surat Berharga Negara (SBN), dan Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF)," tukasnya seraya menambahkan penguatan rupiah akan mendorong penerimaan ekspor manufaktur sedangkan untuk ekspor komoditas akan lebih rendah.
 
“Memang penerimaan rupiah akan rendah tapi kalau ekspor komoditas, ekspor manufaktur justru akan meningkat sebab biaya produksi lebih rendah dan kompetitif. Oleh karena itu ekspor elektronik, garment, dan mesin meningkat,” pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif