Darmin: Stress Test Rupiah hingga Rp20 Ribu Takkan Ciptakan Spekulasi

Suci Sedya Utami 04 Mei 2018 15:33 WIB
rupiah melemah
Darmin: <i>Stress Test</i> Rupiah hingga Rp20 Ribu Takkan Ciptakan Spekulasi
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pernyataan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso terkait level stress test pergerakan nilai tukar yang masih aman terhadap sektor keuangan tidak akan memicu spekulasi berlebihan yang membuat rupiah makin bergerak liar.

Dalam rapat terakhir yang diadakan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Wimboh mengatakan simulasi yang dibuat OJK sudah sampai pada level pergerakan rupiah mencapai Rp20 ribu per USD tak akan menjadi masalah bagi perbankan, meski diharapkan jangan sampai menuju level tersebut.

"Enggak menimbulkan spekulasi lah. Katakan lah Rp20 ribu, bagaimana dia (Wimboh) bilang? Oke kan? Makanya ya sudah tidak usah khawatir," kata Darmin di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Mei 2018.

Darmin menjelaskan stress test merupakan hal yang wajar dilakukan oleh otoritas untuk mengukur level di mana dan seberapa rentan sektor keuangan dalam negeri dalam menghadapi masalah tekanan kurs. Namun bukan berarti otoritas berharap pergerakannya sampai level tersebut.

Lagi pula, lanjut mantan Gubernur Bank Indonesia ini, otoritas pasti memiliki beberapa opsi level stress test, tak hanya satu, tapi ada tingkatan-tingkatan yang disiapkan untuk mengukur tingkat kerentanan dan langkah penanganan.

"Pasti enggak cuma satu namanya stress test itu dibuat, pasti ada yang lain lagi, karena kalau stress test itu untuk mengukur kalau nanti kejadian di level ini, kita musti bagaimana," jelas dia.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360