Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Dana Asing Masuk Rp12 Triliun Sepanjang Pengumuman Kabinet

Ekonomi bank indonesia
Desi Angriani • 25 Oktober 2019 19:46
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat dana asing masuk ke Indonesia (inflow) sebesar Rp12,03 triliun usai pengumuman Kabinet Indonesia Maju. Hal itu menunjukkan kepercayaan investor asing terhadap fundamental ekonomi Indonesia.
 
"Dana asing yang masuk mencapai Rp12,03 triliun dalam sepekan terakhir (week to date)," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Dari jumlah itu, sebanyak Rp12,19 triliun masuk melalui pasar Surat Berharga Negara (SBN). Sementara dari pasar modal terjadi capital outflow sebesar Rp0,23 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perry menjelaskan modal asing yang keluar tersebut merupakan hal lumrah dalam transaksi di pasar modal, dan tidak berkaitan dengan sentimen negatif pasar terhadap kabinet baru Jokowi. Sebab, sosok menteri dan wakil menteri periode 2019-2024 sudah tepat untuk membuat Indonesia menjadi lebih maju.
 
"Kepercayaan dari global itu sangat kuat, kepercayaan dengan ekonomi Indonesia sangat kuat, apalagi dengan kabinet baru," ungkapnya.
 
Perry menambahkan berlanjutnya aliran modal asing ke Indonesia dapat menjadi pendorong stabilnya nilai tukar. Pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun pun diproyeksi sebesar 5,1 persen secara tahunan atau year on year (yoy).
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif