Illustrasi. MI.
Illustrasi. MI.

RPP Cukai Plastik Ditargetkan Rampung 2018

Ekonomi perpajakan Cukai Plastik
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Desember 2018 16:20
Jakarta: Pemerintah menargetkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai cukai plastik akan selesai pada akhir tahun ini.

Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan Nirwala Dwi Haryanto mengatakan RPP akan diusahakan selesai akhir tahun ini.

"Saya harus yakin selesai," ujar Nirwala saat ditemui di Gedung Ali Wardhana, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Nantinya setelah RPP selesai, pemungutan cukai plastik tidak bisa langsung dijalankan. Sebab pemerintah perlu membuat Rancangan Peraturan Menteri Keuangan (RPMK). Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) yang menyatakan bahwa Kementerian Keuangan yang berwenang membuat peraturan tentang cukai plastik.

Selain itu, lanjutnya, ini adalah tahun ketiga cukai plastik masuk dalam Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 dan Nota Keuangan. Pada 2017, cukai plastik ditargetkan Rp1 triliun. Kemudian tahun 2018 dan 2019 masing-masing cukai plastik ditargetkan memperoleh Rp500 miliar.  

Direktur Jenderal Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi sebelumnya menegaskan tujuan pengenaan cukai semata untuk mengendalikan penggunaan plastik.

"Opsi ini dikenakan kepada saat selesai diproduksi juga bisa menjadi salah satu opsi. Opsi lain kita adalah seperti memungut di ritel yang besar ya. Itu opsi-opsi yang digodok ya," jelas dia.

Meski begitu, pemerintah tetap meminta masukan dari pengusaha sebelum menerapkan tarif cukai plastik. Di samping itu, para pengusaha juga didorong untuk memproduksi dan menggunakan kantong plastik ramah lingkungan.

"Di atas ini semua yang paling penting adalah kesadaran masyarakat. Percuma juga kalau kantong plastik kita kenakan cukai tapi masyarakat tetap menggunakan plastik sebagaimana sekarang ini," pungkas Heru.

 


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi