Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Jokowi Instruksikan Pemulihan Ekonomi dengan Konsep Berbagi Beban

Ekonomi Pemulihan Ekonomi
Theofilus Ifan Sucipto • 03 Juni 2020 10:07
Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan institusi dan lembaga terkait bergotong-royong dalam program pemulihan ekonomi. Seluruh beban harus dibagi bersama secara proporsional.
 
“Saya minta konsep berbagi beban, sharing the pain,” kata Jokowi dalam rapat virtual di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Juni 2020.
 
Jokowi mengatakan konsep itu berlaku bagi pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan, dan pelaku usaha. Dia berharap seluruh pihak bersedia bersama-sama menanggung beban dan risiko yang proporsional.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dilaksanakan dengan kehati-hatian agar pelaku usaha berjalan, PHK (pemutusan hubungan kerja) masif dicegah, dan pergerakan roda ekonomi terus terjaga,” ujar Kepala Negara.
 
Jokowi menegaskan program pemulihan ekonomi harus dilakukan dengan cermat. Seluruh proses harus transparan dan akuntabel.
 
(Baca: Pemulihan Ekonomi Diminta Perhatikan Jangka Panjang)
 
Dia menggandeng Kejaksaan Agung dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedua lembaga itu dibutuhkan untuk memperkuat sistem pencegahan penyelewengan anggaran.
 
Jokowi mengaku penanganan virus korona (covid-19) berdampak pada penambahan belanja negara dan defisit APBN. Dia meminta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa bekerja sama.
 
Ketiganya diminta mengkalkulasi kebijakan dengan lebih cermat dan matang. Hal itu untuk meminimalisasi risiko fiskal ke depan.
 
“Saya tekankan perubahan postur APBN dilakukan hati-hati, transparan, dan akuntabel sehingga APBN 2020 bisa dipercaya dan kredibel,” tegas Jokowi.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif