Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Dok. Setpres
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Dok. Setpres

Sri Mulyani Minta Masyarakat Bayar Pajak Secara Sukarela

Ekonomi pajak Sri Mulyani
Eko Nordiansyah • 03 Desember 2020 17:53
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kepatuhannya dalam membayar pajak. Bahkan ia menyebut, para wajib pajak bisa sukarela melakukan kewajibannya dalam membayar pajak.
 
"Kita akan terus mendorong kepatuhan wajib pajak dan wajib bayar secara sukarela karena pada dasarnya kewajiban pajak adalah kewajiban konstitusi," kata dia dalam Konferensi Nasional Perpajakan 2020 secara virtual di Jakarta, Kamis, 3 Desember 2020.
 
Ia menambahkan kewajiban konstitusi ini seharusnya ditaati oleh seluruh warga negara Indonesia. Oleh karena itu, Sri Mulyani berharap bahwa masyarakat bisa dengan kesadarannya untuk melaksanakan kewajiban konstitusi ini secara sukarela.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, ia menyebut, pemerintah akan tetap membuat peraturan yang bisa mendorong kepatuhan wajib pajak secara sukarela. Termasuk didalamnya juga menciptakan sistem pelaporan pajak yang lebih mudah, efisien, dan pasti.
 
"Kita akan mendukung melalui peraturan perundangan di bidang perpajakan agar kewajiban yang dilaksanakan secara sukarela dapat dilakukan secara lebih mudah, lebih efisien, lebih pasti dan yang jelas memberi insentif bahwa kemudahan itu tidak menimbulkan halangan bagi kepatuhan," ungkapnya.
 
Pada tahun ini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat jumlah pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan 2020 mencapai 13 juta wajib pajak. Angka ini mengalami sedikit kenaikan dibandingkan tahun lalu.
 
Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, kenaikan ini salah satunya dipengaruhi oleh meningkatnya pelaporan SPT secara online. Hal ini terjadi karena situasi pandemi covid-19 mendorong wajib pajak untuk lebih mudah melaporkan SPT-nya. 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif