Ruang sidang Banggar, DPR. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Ruang sidang Banggar, DPR. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Banggar Minta Kemenkeu Lebih Jelas Pasang Target untuk TKDD

Ekonomi kementerian keuangan dana desa
Eko Nordiansyah • 27 Juni 2019 19:03
Jakarta: Badan Anggaran (Banggar) meminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) lebih jelas memasang target untuk transfer ke daerah dan dana desa (TKDD). Hal ini dianggap penting sebelum diambil keputusan berapa anggaran untuk transfer ke daerah maupun dana desa.
 
Pasalnya dalam rapat dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti hanya disampaikan tujuan daripada TKDD. Namun tidak ada satupun target yang dipasang yang akan dicapai dari TKDD tersebut.
 
"Kalau gambar jalan seperti ini, berapa panjang jalannya, berapa kabupaten enggak bisa digambarkan, berapa ruas jalan, enggak kelihatan," kata Pimpinan rapat Jazilul Fawaid di ruang rapat Banggar, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Banggar Said Abdullah menyarankan, pembahasan target yang ingjn dicapai dalam TKDD dibahas bersama tim perumusan antara Banggar dan pemerintah. Dirinya ingin pemerintah berkomitmen menyampaikan target yang ingin dicapai dari TKDD.
 
"Nah jalan tengahnya apakah ini kita setujui tapi dengan komitmen pemerintah akan menunjukkan target-targetnya dalam tim perumus. Kalau itu disepakati monggo. Kan tidak mungkin pemerintah tidak punya target yang ingin dicapai," ungkapnya.
 
Sementara itu, Prima beralasan tak adanya target dalam pemaparannya karena rapat merupakan pembahasan pendahuluan. Dirinya sepakat jika pembahasan target untuk TKDD disampaikan dalam rapat tim perumusan.
 
"Ya karena memang tadinya kami berpikir karena ini masih pendahuluan, jadi angka-angka itu memang belum kita sampaikan karena kita masih bahas ini. Tapi kalau memang itu diini akan kita sampaikan di pembahasan rumusan," jelas dia.
 
Namun karena para anggota Banggar tidak sepakat, dan tetap menginginkan adanya target jelas yang dipasang pemerintah maka rapat ditunda sampai pekan depan. Pimpinan rapat berharap pemerintah bisa menyajikan detail target yang ingin dicapai dalam TKDD.
 
"Kita bahas lagi di panja ini pada tanggal 1 (Juli) pagi ya pukul 10 pagi sehingga semua teman-teman akan lebih detail lagi. Karena memang dari bahan yang kami terima ini banyak hal yang masih belum clear untuk kita setujui," tutup Jazilul.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif