Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Hyundai Suntik Dana Rp21 Triliun ke Indonesia

Ekonomi investasi hyundai
Theofilus Ifan Sucipto • 27 November 2019 13:17
Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Busan, Korea Selatan menghasilkan investasi yang masuk ke Indonesia. Jokowi membawa pulang dana segarRp21 triliun.
 
"Ada investasi yang akan ke Indonesia antara lain berasal Hyundai Motor yang bernilai lebih dari USD1,5 miliar (setara Rp21 triliun)," beber Retno di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu, 27 November 2019.
 
Retno menyebut Indonesia dan Korea Selatan sepakat menandatangani perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif (CEPA). Perjanjian itu, kata dia, bakal memudahkan perdagangan Indonesia di tengah ketatnya peraturan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedua Presiden sepakat menandatangani CEPA pada awal 2020," jelas Retno.
 
Retno melanjutkan Kepala Negara memberi perhatian pada warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Ginseng. Khususnya, WNI yang bekerja di kapal-kapal panjang.
 
"Presiden Jokowi menitipkan Presiden Moon (Korea Selatan, Moon Jae-in) memberi perlindungan maksimal pada WNI," kata Retno.
 
Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Republic of Korea (RoK) di Busan, Korea Selatan (Korsel). Jokowi menjadi salah satu pembicara kunci dalam pertemuan tersebut.
 
Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyambangi pabrik Hyundai serta bertemu ilmuwan dan peneliti muda Indonesia di Korea Selatan.
 

(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif