Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Jokowi Lebih Dulu Bangun Infrastruktur Tanpa Utang

Ekonomi utang luar negeri infrastruktur
Eko Nordiansyah • 10 Desember 2018 20:06
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut Presiden Joko Widodo sudah lebih dulu memiliki komitmen untuk tidak mengandalkan utang untuk membangun infrastruktur. Hal ini bisa dilihat dari defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang semakin turun.

"Pak Joko Widodo punya komitmen itu, makanya defisit kita makin diturunkan, balance kita nol," kata dia di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin, 10 Desember 2018.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berjanji tak akan mengandalkan utang untuk membangun infrastruktur. Sri Mulyani menghargai keinginan Prabowo, meskipun menurut dia, pemerintah sekarang juga berkomitmen menurunkan utang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Bahwa concern mengenai utang selalu disampaikan, karena itu berarti kita menjamin Indonesia memiliki perekonomian dan keuangan negara yang sehat, di mana utang makin kecil. Itu saya sangat menghargai," jelas dia. Dirinya menambahkan, pemerintah bisa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), KPBU, hingga Pembiayaan Infrastruktur Non APBN (PINA) yang dikembangkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Jadi itu semua mekanisme kalau menggunakan ekuitas tidak utang. Kalau ada infrastruktur yang sudah jalan, kemudian disekuritisasi, dan kita bisa hasilkan dana dari itu, itu berarti kita bisa mendapatkan dana baru," pungkasnya.

 


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi