Menkeu: Pandangan OECD soal Ekonomi RI Menginspirasi

Eko Nordiansyah 10 Oktober 2018 13:19 WIB
ekonomi duniaIMF-World Bank
Menkeu: Pandangan OECD soal Ekonomi RI Menginspirasi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Voyage to Indonesia)
Nusa Dua: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku senang dengan hasil survei lembaga internasional yang menyebut ekonomi Indonesia masih positif. Keadaan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil yang tetap baik meski tengah mengalami tekanan akibat penurunan ekonomi global.

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) sebelumnya melaporkan ekonomi Indonesia masih tetap kuat berdasarkan survei yang dilakukan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan sebesar 5,2 persen pada tahun ini dan 5,3 persen di 2019.

"Saya sangat senang bahwa pandangan umum OECD terhadap ekonomi Indonesia sangat positif dan sangat menginspirasi. Survei ini juga menekankan agar pemerintah harus menaikkan pendapatan, memperkuat pemuda sebagai aset pembangunan yang belum termanfaatkan, dan memperkuat sektor pariwisata," ujarnya, di Sofitel, Nusa Dua, Bali, Rabu, 10 Oktober 2018.

Menanggapi tiga hal itu, lanjut Ani, sapaan akarabnya, pemerintah telah mempersiapkan antara lain pemerintah menargetkan peningkatan pemasukan pajak 16,4 persen pada 2019, kemudian sejumlah program peningkatan kapasitas pemuda seperti pendidikan anak usia dini dan akses terhadap sertifikasi guru dan dana operasional sekolah.

Sedangkan untuk pariwisata, tambahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi perhatian khusus dan telah mengalokasikan dana khusus untuk mendukung pariwisata. Dirinya menambahkan pemerintah juga terus melakukan pendekatan holistik sesuai dengan strategi nasional pariwisata.

"Kemitraan dengan OECD adalah kesempatan untuk membagi pengalaman secara dua arah mengenai pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Pengalaman pembangunan segenap negara maju OECD banyak lessons learned yang bisa digali untuk Indonesia dan kita bisa ambil pengalaman mereka yang evidence based bisa digali," tukasnya.

Kerja sama Indonesia-OECD sesuai dengan sifat masyarakat Indonesia yang senang belajar dan senang berbagi pengalaman. Kerja sama ini meliputi area kebijakan ekonomi dan pembangunan yang meliputi administrasi dan kepatuhan perpajakan, pembangunan infrastruktur, perlindungan lingkungan, pengembangan UKM, perlindungan sosial, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id