Gubernur BI Bantah Kenaikan Suku Bunga Hambat Pertumbuhan Ekonomi

Nia Deviyana 02 November 2018 16:05 WIB
bank indonesiasuku bunga
Gubernur BI Bantah Kenaikan Suku Bunga Hambat Pertumbuhan Ekonomi
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo membantah kenaikan suku bunga menghambat laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2018. Pasalnya, pertumbuhan konsumsi diprediksi tumbuh di atas lima persen.

"Investasinya juga lebih bagus lagi, kita perkirakan di atas tujuh persen. Ekspornya juga cukup baik, yang jadi masalah memang impornya lebih tinggi," ujarnya saat ditemui di kompleks perkantoran BI, Jakarta, Jumat, 2 November 2018.

Perry menambahkan impor yang lebih tinggi dari ekspor membuat nett external demand menjadi negatif. Sehingga, ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya.

"Bukan karena pertumbuhan dalam negeri jelek, tapi karena nett external demand-nya negatif," jelasnya.

Perry mengatakan tingginya impor lantaran pertumbuhan investasi yang tengah melambat. Otoritas bersama pemerintah tengah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, diharapkan terlihat pada kuartal ke IV-2018.

"Butuh waktu untuk secara signifikan mengurangi impor. Semoga langkah-langkah yang dilakukan akan bisa menghasilkan dan kelihatan di kuartal ke-IV," pungkasnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2018 sebesar 5,27 persen secara year on year. Secara kuartalan (qtq) pertumbuhan ekonomi periode tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 4,21 persen.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id