Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)

Penerimaan Pajak Diperkirakan Bisa Capai 95% dari Target

Ekonomi penerimaan pajak
Eko Nordiansyah • 31 Desember 2018 09:59
Jakarta: Direktur Riset Center Of Reform on Economic (CORE) Indoenesia Piter Abdullah memperkirakan penerimaan pajak tahun ini bisa mencapai 95 persen dari target. Tahun ini target penerimaan pajak dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp1.424 triliun.
 
Apalagi sampai dengan akhir November kemarin penerimaan pajak sudah menyentuh 80 persen dari target APBN 2018. Menurut Piter, realisasi penerimaan pajak tahun ini akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu.
 
"Diperkirakan bisa mencapai 95 persen (sampai akhir tahun), yang artinya jauh lebih baik dibandingkan 2017 yang hanya 76 persen dari target," kata dia kepada Medcom.id di Jakarta, Senin, 31 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan secara keseluruhan kondisi fiskal 2018 lebih baik dibandingkan 2017. Penerimaan negara juga mengalami peningkatan disumbang oleh kenaikan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang telah melebihi target sebesar Rp275 triliun.
 
"Dari sisi penerimaan, terjadi lonjakan yang signifikan khususnya di PNBP. Sampai dengan November sudah mencapai 127 persen dibandingkan target pemerintah," jelas dia.
 
Sementara dari sisi belanja, Piter menilai juga terjadi perbaikan realisasi anggaran dibandingkan tahun lalu. Sampai dengan akhir November, realisasi belanja negara tercatat sebesar Rp1.942,4 triliun atau setara 87,5 persen dari target yang ditetapkan di APBN.
 
"Secara keseluruhan sampai dengan November sudah mencapai 87 persen dari target, diperkirakan sampai dengan akhir tahun akan bisa di atas 95 persen. Lebih baik dibandingkan tahun lalu yang sampai dengan November hanya 82 persen, sampai dengan Desember hanya mencapai 93 persen," pungkasnya.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi