Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Pertumbuhan Ekonomi Ditargetkan 5,7% dalam RPJMN 2020-2024

Ekonomi ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 11 Februari 2019 20:43
Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia rata-rata sebesar 5,7 persen dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Pertumbuhan ekonomi ditaksir paling tinggi mencapai enam persen.
 
"Kita harus menjaga pertumbuhan ekonomi mulai tahun ini sampai 2045 untuk bisa menjadi high-income country," kata Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro ditemui di Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Senayan, Jakarta, Senin, 11 Februari 2019.
 
Dalam RPJMN 2020-2024, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan berada dalam kisaran 5,4 sampai dengan enam persen. Menurut Bambang penggerak perekonomian untuk jangka menengah masih sama dengan yang selama ini sudah ada.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Konsumsi bisa dinaikkan 5,2 persen. Investasi bisa tujuh sampai delapan persen. Ekspor juga sekitar tujuh hingga delapan persen, sementara (pertumbuhan) impor diredam sedikit," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, secara regional rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tinggi. Hanya saja pemerintah harus memperhatikan fokus pada peningkatan produktivitas, baik industri maupun tenaga kerja.
 
Di samping itu, pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah adalah angka kemiskinan yang masih perlu diturunkan lagi. Pasalnya jika tidak maka kemiskinan bisa membebani pertumbuhan ekonomi yang sudah tergolong tinggi.
 
"Tapi perekonomian kita masih dibebani tingkat kemiskinan, yang meski membaik, tapi masih tinggi juga yaitu 9,66 persen atau sekitar 26 juta penduduk hidup di bawah garis kemiskinan," pungkasnya.
 


 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi