Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Antara
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Antara

Sri Mulyani dan Cerita Srikandi Perekonomian di Hari Kartini

Ekonomi Hari Kartini hak perempuan Sri Mulyani Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 21 April 2021 13:13
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut peran perempuan begitu luar biasa dalam perekonomian. Para perempuan ini dijuluki sebagai srikandi perekonomian sebagaimana diceritakan dalam pewayangan.
 
Sebab, peran perempuan saat ini turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional yang sebelumnya terdampak pandemi.
 
"Di dalam kehidupan kita sehari-hari kita sering melihat dan mendapatkan inspirasi dari para perempuan-perempuan yang kuat dan hebat," kata dia dalam webinar di Jakarta, Rabu, 21 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Indonesia, kata Menkeu, sosok RA Kartini dikenal sebagai perempuan yang gigih memperjuangkan kesetaraan bagi perempuan. Pada masanya, ia memperjuangkan akses pendidikan yang sama bagi perempuan. Namun saat ini kesetaraan gender masuk ke ranah perekonomian.

 
"Bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan karena peranan perempuan yang begitu nyata dan penting di dalam mendidik keluarganya dan bahkan di dalam membangun peradaban yang berkeadilan," ungkapnya.
 
Sementara dalam Islam, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki peran yang sama pentingnya. Misalnya istri Nabi Muhammad SAW, Khadijah, seorang saudagar perempuan yang bisa mempekerjakan banyak orang.
 
"Berbagai simbol atau sebagai perempuan yang bisa memberikan kontribusi yang luar biasa di luar rumah tangganya menggambarkan bahwa perempuan memiliki peranan dan potensi yang luar biasa," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif