Airlangga Hartarto. Foto: Antara/Nova Wahyudi
Airlangga Hartarto. Foto: Antara/Nova Wahyudi

Perizinan Properti Bikin Peringkat EODB Indonesia Stagnan

Ekonomi
Desi Angriani • 24 Oktober 2019 19:23
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut aturan perizinan di sektor properti mengakibatkan indeks kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) 2020 stagnan di posisi 73.
 
Sebab, Bank Dunia menyoroti indikator kemudahan berusaha dari sisi memulai bisnis, urusan perpajakan, hingga kegiatan perdagangan lintas batas.
 
"EODB terkait start bisnis, likuidasi bisnis, kemudian berapa lama peroleh perizinan dan perpajakan," katanya di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Airlangga menuturkan pemerintah daerah akan dilibatkan dalam mendorong perbaikan perizinan di sektor properti. Rencana itu sudah dibicarakan oleh Kemenko Perekonomian dengan Kementerian Dalam Negeri.
 
"Pemda akan kita libatkan supaya ada perbaikan perizinan terutama untuk properti yang dianggap menjadi persoalan," ungkapnya.
 
Namun demikian, Indonesia masuk dalam rangking 40 besar untuk beberapa indikator. Di antaranya bidang elektrifikasi peringkat ke-33, melindungi investor minoritas di posisi 37 dan menyelesaikan kepailitan di peringkat ke-38.
 
"Tapi ada empat hal yang bagus terkait dengan perpajakan, ketersediaan listrik," pungkas mantan Menteri Perindustrian ini.
 
Dalam laporan Bank Dunia, Selandia Baru memuncaki indeks 2020 dengan skor 86,8, diikuti oleh Singapura, Hong Kong, Tiongkok, Denmark, dan Korea Selatan.
 
Malaysia tercatat naik peringkat dari posisi 15 menjadi 12 di 2020. India juga naik peringkat dari 77 ke rangking 63. Sayangnya, India masih gagal mencapai target 50 besar.
 
Kemudahan Doing Business di Indonesia rata-rata 109,45 dari 2008 hingga 2020, mencapai rekor tertinggi sepanjang masa yaitu 129 pada 2008 dan rekor terendah 72 pada 2017.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif