Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta (MI/ROMMY PUJIANTO)
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta (MI/ROMMY PUJIANTO)

BI: Defisit Neraca Perdagangan Membaik di Desember 2018

Ekonomi neraca perdagangan indonesia
16 Januari 2019 08:31
Jakarta: Neraca perdagangan Indonesia pada Desember 2018 defisit sebesar USD1,10 miliar atau membaik dibandingkan dengan defisit pada bulan sebelumnya yang sebesar USD2,00 miliar. Diharapkan defisit ini bisa terus mengecil di masa mendatang dan nantinya memberi katalis positif terhadap perekonomian.
 
"Dengan perkembangan tersebut, neraca perdagangan Indonesia secara kumulatif pada Januari-Desember 2018 tercatat defisit sebesar USD8,57 miliar, kata Direktur Eksekuif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Rabu, 16 Januari 2019.
 
Menurut Agusman perbaikan defisit pada Desember 2018 tersebut bersumber dari penurunan defisit neraca perdagangan migas yang ditunjang peningkatan ekspor migas dan penurunan impor migas, Sementara itu, defisit neraca perdagangan nonmigas mengalami peningkatan karena penurunan ekspor nonmigas yang lebih besar dari penurunan impor nonmigas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dijelaskan defisit neraca perdagangan migas pada Desember 2018 tercatat USD0,22 miliar atau turun dibandingkan dengan defisit pada bulan sebelumnya USD1,50 miliar. Perkembangan tersebut dipengaruhi peningkatan ekspor migas USD0,38 miliar (mtm), terutama ekspor gas di tengah ekspor hasil minyak dan minyak mentah yang menurun.
 
Penurunan defisit itu juga dipengaruhi impor migas yang turun USD0,90 miliar (mtm), baik minyak mentah, hasil minyak, maupun gas. Secara kumulatif, neraca perdagangan migas sepanjang Januari-Desember 2018 mengalami defisit USD12,40 miliar.
 
Sementara itu, defisit neraca perdagangan nonmigas pada Desember 2018 tercatat USD0,88 miliar, meningkat dibandingkan dengan defisit pada bulan sebelumnya USD0,50 miliar. Defisit tersebut dipengaruhi penurunan ekspor nonmigas yang melebihi penurunan impor nonmigas.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif