Gedung Kemenkeu. Foto : MI/Ramdani.
Gedung Kemenkeu. Foto : MI/Ramdani.

Kemenkeu Dorong Transformasi agar Siap Hadapi Tantangan

Eko Nordiansyah • 23 Maret 2022 11:48
Jakarta: Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menjelaskan tiga poin penting untuk mendorong transformasi Kementerian Keuangan, yakni ruang kerja masa depan, integritas yang menciptakan kepercayaan, dan kolaborasi yang menciptakan sinergi. Ketiganya merupakan proses berkelanjutan dari upaya transformasi.
 
"Di dalam Kementerian Keuangan, yang namanya transformasi adalah proses yang terus berkelanjutan, tidak pernah berhenti. Kita selalu mengupayakan adanya transformasi sesuai dengan tantangan-tantangan yang kita hadapi secara berkelanjutan," kata dia dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Rabu, 23 Maret 2022.
 
Adanya pandemi covid-19 membuat Kementerian Keuangan harus merespon dengan melakukan berbagai transformasi. Salah satunya dengan mengubah ruang kerja masa depan. Wamenkeu mengungkapkan, ruang kerja masa depan lebih dari sekadar tempat dan cara bekerja yang menjadi lebih digital, tapi juga ruang bekerja yang lebih fleksibel dan adaptif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemampuan beradaptasi juga menjadi bagian dari cara kerja masa depan. Jadi kita gaungkan terus dan Kementerian Keuangan harus siap untuk menjalankan hal tersebut. Itu menjadi bagian dari profesionalisme kita. Bagian dari kita menuju kesempurnaan adalah memastikan ruang kerja masa depan kita itu siap mendukung tanggung jawab, tugas dan fungsi kita semua," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Suahasil menekankan bahwa integritas juga menjadi poin penting yang mendukung transformasi. Zona integritas WBK WBBM akan terus didorong dan diupayakan di Kementerian Keuangan. Meskipun bukan sebagai tujuan, tapi ia ingin ini menjadi alat agar seluruh pihak memiliki integritas, bebas korupsi, dan melayani.
 
"Trust dibangun atas kita memiliki integritas. Yang ingin saya dorong adalah integritas yang memunculkan kepercayaan bahwa Kementerian Keuangan juga adalah penjaga kesatuan bangsa. Yang artinya nanti dimunculkan dalam berbagai macam sikap yang kita menghormati kebersamaan, kita menghormati perbedaan," ungkap dia.
 
Di sisi lain, ia menambahkan kolaborasi dan sinergi menjadi cara untuk mendorong transformasi yang dinamis dan terus menerus. Suahasil meminta Duta Transformasi Kementerian Keuangan mampu menyebarluaskan tiga hal penting ini untuk mendorong Kemenkeu Satu, Kemenkeu Tepercaya.
 
"Integritas kita harus kita dorong sehingga menciptakan kepercayaan dan sinergi kita bangun dari kolaborasi. Dengan demikian, seluruh insan Kementerian Keuangan dapat memberikan yang terbaik bagi kemanusiaan, bagi Indonesia, bagi masyarakat, juga bagi perekonomian Indonesia," pungkasnya.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif