Keseimbangan Primer Tunjukkan Tren Positif
Ekonom Bank Permata Josua Pardede. Medcom/Eko.
Jakarta: Tata kelola keuangan pemerintah dinilai semakin baik dalam periode beberapa tahun terakhir. Hal itu diindikasikan dengan tren keseimbangan primer yang terus menunjukkan arah positif selama empat tahun terakhir.

"Iya tata kelola keuangan pemerintah semakin baik. Ini jelas terlihat bahwa dalam empat tahun terakhir ini keseimbangan primer trennya menunjukkan positif," kata ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada Media Indonesia, Minggu, 23 September 2018.

Kementerian Keuangan mencatat bahwa keseimbangan primer dalam postur APBN 2018 hingga akhir Agustus mengalami surplus Rp11,6 triliun. Angka tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang tercatat negatif Rp84 triliun.

Keseimbangan primer menggambarkan kemampuan pemerintah dalam menutup belanja di luar biaya bunga utang dengan menggunakan pendapatan negara. Apabila nilai keseimbangan primer positif, pemerintah dapat membayar bunga utang dengan pendapatan negara.

Lebih lanjut, Josua mengatakan pemerintah cukup berhasil dalam melakukan reformasi fiskal, antara lain dengan melakukan reformasi pajak dan mengendalikan utang.

"Pengendalian utang juga cukup baik, karena yang dikatakan utang kita mengkhawatirkan justru tidak terbukti," pungkasnya.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id