Realisasi Dana Desa Lebih Rendah dari Tahun Lalu

Eko Nordiansyah 16 November 2018 08:31 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesiadana desa
Realisasi Dana Desa Lebih Rendah dari Tahun Lalu
Gedung Kementerian Keuangan (Foto: Kementerian Keuangan)
Jakarta: Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan mencatat realisasi dana desa sampai dengan akhir Oktober 2018 masih lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Pasalnya sejumlah desa belum memenuhi persyaratan untuk pencairan dana desa tahun ini.
 
"Karena ada dua persyaratan untuk tahap III. Baru sedikit daerah yang memenuhi," kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti, di Gedung Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis, 15 November 2018.

Hingga Oktober, belanja dana desa baru Rp44,4 triliun atau 74 persen dari pagu anggaran sebesar Rp60 triliun. Padahal periode yang sama tahun lalu, realisasi dana desa sudah mencapai Rp47,5 triliun atau 79,2 persen dari pagu anggaran yang sama dengan tahun ini.

Dirinya menambahkan desa diharuskan telah menyerap 75 persen dana desa tahap I sebagai syarat pertama pencairan dana desa tahap III. Syarat kedua adalah 50 persen dana desa tahap II harus sudah terserap.

Saat ini sudah ada 204 desa yang telah mendapatkan kucuran dana desa, namun dibutuhkan upaya bersama dengan pemerintah daerah (pemda). Masih ada 53 desa yang masih dalam proses pencairan.

"Kita lakukan koordinasi dengan daerah. Permasalahannya adalah kemampuan desa untuk bisa melaporkan ini dengan baik. Pemda juga lakukan sosialisasi, dan asistensi kepada desa agar bisa memenuhi hal tersebut," pungkas dia.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id