Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Dok. Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Dok. Kemenkeu

Kemenkeu Tak Terima CPNS hingga Lima Tahun ke Depan

Ekonomi sri mulyani CPNS
Eko Nordiansyah • 08 Juli 2020 16:59
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memutuskan untuk tidak menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Keuangan. Penghentian CPNS ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024.
 
Melansir PMK tersebut, Rabu, 8 Juli 2020, ketentuan penghentian ini terhitung selama lima tahun sejak 2020 sampai dengan 2024. Aturan ini juga menetapkan proyeksi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Kemenkeu 2020-2024.
 
Proyeksi kebutuhan SDM aparatur Kemenkeu untuk jangka waktu lima tahun dihitung dan disusun secara hati-hati berdasarkan ketentuan yang berlaku, memperhatikan arah kebijakan nasional di bidang pengelolaan SDM aparatur dan kondisi existing SDM Kementerian Keuangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Proyeksi tersebut disusun dengan asumsi sebagai berikut, arahan Menteri Keuangan untuk menerapkan kebijakan minus-growth mulai 2020," tulis ketentuan yang ada dalam PMK tersebut.
 
Tak hanya itu, pelaksanaan moratorium rekrutmen CPNS juga berlaku untuk umum dan juga untuk lulusan PKN STAN pada 2020-2024.
 
Proyeksi pegawai keluar dihitung melalui prediksi pegawai yang memasuki batas usia pensiun (BUP) dan pegawai keluar non pensiun sampai dengan lima tahun ke depan. Jumlah prediksi pegawai BUP berdasarkan pada data per Januari 2020.
 
Selanjutnya untuk pemenuhan pegawai baru 2020 berasal dari rekrutmen umum 2019. Pertimbangan lainnya adalah kecukupan anggaran dan sarana prasarana pendukung lainnya.
 
Peraturan menteri ini berlaku sejak diundangkan pada 30 Juni 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani sendiri telah menandatangani PMK ini sejak 29 Juni atau sehari sebelumnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif