Menteri Koordinator bidang Perekonomian  Airlangga Hartarto - - Foto: Medcom.id/ Sonya Michealla
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: Medcom.id/ Sonya Michealla

Airlangga: Indonesia Masuk Era Reformasi Struktural Ketiga

Ekonomi Omnibus Law Airlangga Hartato
Mustholih • 15 Februari 2020 09:00
Semarang: Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia sedang menjalani reformasi struktural ketiga. Menariknya, reformasi struktural ini tidak diwarnai dengan gejolak politik dan ekonomi seperti di masa lampau.
 
"(Reformasi struktural) ini sesuatu yang fundamental yang dilakukan Presiden Jokowi," kata Airlangga usai menghadiri pengukuhan gelar Doktor Honoris Causa untuk Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani, di Kampus Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 14 Februari 2020.
 
Menurut Airlangga reformasi pertama di Indonesia terjadi pada masa transisi kepemimpinan Soekarno ke Soeharto. Sedangkan reformasi kedua terjadi saat pergantian kekuasaan dari Soeharto ke Kabinet Reformasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dua-duanya itu dilakukan saat Indonesia mengalami krisis politik ekonomi," ujarnya.
 
Ia mengungkap reformasi ketiga ini sedang berproses berkat omnibus law pada Undang-Undang Cipta Kerja. "Undang-Undang Cipta kerja sudah masuk ke DPR dan tentunya akan berpores, tentu diharapkan partisipasi publik dan masukan itu bisa dilaksanakan," tambah dia.
 
Sebelum omnibus law disahkan, pemerintah berencana melakukan sosialiasi UU Cipta Kerja ke 46 titik di seluruh Indonesia. Dia mengatakan UU Cipta Kerja pada dasarnya merupakan upaya pemerintah dalam melakukan reformasi jilid tiga di Indonesia. Hal ini perlu dilakukan Indonesia dalam rangka menghadapi persaingan global.
 
"Ini reformasi struktural ketiga di Indonesia. Pertama, transisi Soekarno ke Seharto, kedua, reformasi pada masa soeharto ke Kabinet Reformasi," katanya.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif