Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian

Airlangga Sambut Upaya Jepang Tingkatkan Investasi di Indonesia

Ekonomi pertumbuhan ekonomi investasi ekonomi indonesia
Antara • 22 November 2019 13:03
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut baik upaya investor Jepang dalam meningkatkan penanaman modal di Indonesia. Hal ini diharapkan bisa terus meningkat di masa mendatang dan nantinya memberi efek positif terhadap perekonomian Indonesia.
 
"Jepang merupakan mitra strategis Indonesia di berbagai bidang, khususnya dalam hal kerja sama ekonomi," kata Airlangga Hartarto, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 
Hal tersebut diungkapkan Airlangga usai menerima kunjungan mantan Perdana Menteri Jepang sekaligus Ketua Japan Indonesia Association (JAPINDA) Yasuo Fukuda beserta delegasi. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memperkuat kerja sama perdagangan, investasi, dan pariwisata antar kedua negara serta mempererat hubungan persahabatan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan tersebut, Airlangga mengharapkan keterlibatan pengusaha Jepang dalam proyek infrastruktur di luar Jawa dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Investasi itu dinilai dapat menambah jumlah penanaman modal yang selama ini sudah melibatkan investor Jepang yang di antaranya Kereta Api Semi Cepat Jakarta-Surabaya.
 
Selain keterlibatan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) itu, Jepang juga telah terlibat dalam PSN lain seperti Lapangan Gas Masela, PLTU Batang, PLTU Indramayu, dan Pembangunan Tangguh LNG. Hingga 2018, Jepang menjadi negara penyumbang investasi terbesar kedua di Indonesia dengan nilai investasi mencapai USD4,9 miliar dengan total 3.166 proyek.
 
Pada kuartal kedua 2019, nilai investasi Jepang menyentuh angka senilai USD2,36 miliar atau meningkat 15,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018. "Tentu saya mengapresiasi upaya Japinda dalam proyek-proyek infrastruktur di Indonesia," ujar Airlangga.
 
Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk memberikan dukungan dan kemudahan bisnis terhadap investor Jepang apabila ingin melakukan perluasan usaha di Indonesia. Turut hadir dalam acara ini Menhub Budi Karya Sumadi, Special Advisor to the Prime Minister Izumi Hiroto, Vice President Japinda Kuroda Naoki dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif