Ilustrasi. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.
Ilustrasi. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.

Antisipasi Resesi, Pemerintah Harus Manfaatkan Stabilitas Politik

Ekonomi ekonomi indonesia
Cahya Mulyana • 17 November 2019 19:15
Jakarta: Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan selama lima tahun ke depan stabilitas politik dapat lebih baik ketimbang lima tahun lalu. Pemerintah perlu menggunakan kekuatan ini untuk menghadapi potensi atas dampak resesi ekonomi global tahun depan.
 
"Tantangan pemerintah untuk tahun-tahun ke depan lebih berasal dari sektor ekonomi ketimbang politik setelah konsolidasi partai-partai pendukung maupun oposisi dan membuat kekuatan pemerintah lebih dari cukup. Maka stabilitas dipengaruhi oleh dampak dari pertumbuhan ekonomi nasional dan global khususnya dari adanya potensi resesi di 2020," ujarnya kepada Media Indonesia, Minggu, 17 November 2019.
 
Menurut dia, pemerintah membutuhkan konsentrasi penuh untuk meningkatkan target ekonomi sebesar 5,2 persen. Target itu dipandang banyak pihak kurang menunjukkan optimisme. Target pertumbuhan ekonomi pun harus lebih tinggi lagi dengan berada dikisaran enam persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan hal itu dapat tercapai melalui kekuatan politik yang lebih baik ketimbang pada periode pemerintahan pertama Presiden Jokowi. Masuknya Partai Gerindra sebagai penenang kedua di pemilihan legislatif membuat pemerintah lebih kuat dan mengatasi segala bentuk gejolak politik dalam negeri.
 
"Maka fokus saja di pembangunan, semakin banyak capaian kinerja ekonomi maka semakin baik untuk pemerintah saat ini," ujarnya.
 
Konstalasi politik lebih menargetkan untuk politik tingkat lokal menjelang pemilihan kepala daerah 2020. "Harusnya dengan peta politik nasional pemerintah menggunakannya untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan menghalau dampak resesi jika terjadi tahun depan," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif