Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani
Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani

Alokasi Anggaran untuk Ibu Kota Baru Tunggu Kesepakatan DPR

Ekonomi pemindahan ibukota Ibu Kota Baru
Eko Nordiansyah • 30 Agustus 2019 13:11
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyediakan alokasi anggaran untuk pemindahan ibu kota. Sayangnya Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani belum bisa merinci lebih jauh soal berapa jumlah anggaran yang disiapkan tahun depan.
 
"Nanti masih dipersiapkan awal oleh (Kementerian) PU, sambil bahas DPR. Hasilnya baru bisa jadi bahan komunikasi bila sudah firm," kata Askolani kepada Medcom.id di Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019.
 
Dirinya menambahkan, infrastruktur yang bakal dibangun oleh Kementerian PUPR di ibu kota baru pada 2020 juga masih menunggu persetujuan dari DPR. Jika sudah ada persetujuan, maka Kemenkeu akan mengalokasikan anggarannya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti tunggu hasil pembahasan (Kementerian) PU dengan komisi di DPR," ungkap dia.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengaku anggaran pemindahan ibu kota sebenarnya sudah ada di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Namun jumlah anggaran untuk pemindahan ibu kota masih terbatas.
 
"Saya lihat dari Menteri PU dan Menhub ada beberapa pos (anggaran) mereka sediakan tapi jumlahnya belum signifikan," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2019.
 
Dirinya menjelaskan, anggaran yang sudah ada sebatas untuk kajian dan rencana awal pembangunan infrastruktur di lokasi ibu kota baru. Pemerintah akan menunggu masterplan dari Kementerian PUPR dan Undang-Undang yang akan disusun bersama dengan DPR.
 
"Nanti akan lihat, karena kalau masterplan belum terkomunikasikan dan landasan hukum seperti UU-nya untuk pemindahan ibu kota (belum ada), sehingga nanti kita lihat secara bersama," jelas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif