Ilustrasi. FOTO: MI/ARYA MANGGALA
Ilustrasi. FOTO: MI/ARYA MANGGALA

Penerimaan Pajak Capai Rp1.000 Triliun

Ekonomi pertumbuhan ekonomi pajak ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 01 November 2019 14:02
Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut penerimaan pajak sampai dengan Oktober 2019 mencapai Rp1.000 triliun. Jumlah ini baru sekitar 63,4 persen dari target penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp1.577,56 triliun.
 
"Rp1.000 triliun sampai Oktober tanggal berapa gitu. Kan 31 masih kemarin, hari ini belum kita rekap," kata Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak DJP Kementerian Keuangan Yon Arsal, di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat, 1 November 2019.
 
Dirinya mengaku masih akan ada tambahan penerimaan pajak selama dua bulan terakhir. Apalagi, menurut Yon, masih ada penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang cukup besar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai akhir tahun masih banyak yang kita (harapkan masuk), yang paling banyak pasti dari bendahara dong. Pencairan bendahara pemerintah, baik itu dari APBN/APBD," ungkapnya.
 
Selain PPN, Ditjen Pajak juga berharap tambahan penerimaan dari sektor pajak perusahaan/badan yang masih kurang bayar dari Januari hingga Oktober. "PPN dalam artian transaksi sih ya normal. Yang akhir tahun biasanya PPh21 meningkat, karena itu banyak yang kurang bayar selama Januari-November, nanti itu diakumulasi," pungkas dia.
 
Data Kemenkeu sampai Agustus 2019 mencatat realisasi penerimaan pajak tercatat baru mencapai Rp801,02 triliun atau 50,78 persen dari target APBN 2019 yang sebesar Rp1.577,56 triliun. Penerimaan pajak hanya tumbuh 0,21 persen dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp799,46 triliun.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif