Bappenas: 3 Juta Penduduk Indonesia Cari Kerja di Luar Negeri
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengaku telah merancang perkiraan pencapaian ekonomi pada usia 100 tahun Indonesia merdeka yakni di 2045.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro mengatakan pada tahun tersebut akan terjadi migrasi internasional yang melibatkan penduduk usia muda yakni 15-29 tahun. "Sebanyak 2-3 juta penduduk muda akan migrasi mencari kerja di luar negeri," kata Bambang, dalam Kick Off Sensus Penduduk 2020, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Rabu, 14 Februari 2018.


Sumber: BPS


Menurut Bambang, pada tahun tersebut jumlah penduduk Indonesia ditaksir mengalami peningkatan menjaadi 321 juta jiwa atau meningkat dari posisi sekarang yang sekitar 275 juta jiwa. Apabila telah datang waktunya, Bambang berharap, siapapun nantinya yang bekerja di luar negeri merupakan tenaga kerja terampil dan memang dibutuhkan sesuai kemampuan.

Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) ini tak menginginkan usia muda pada tahun tersebut hanya mencari kesempatan kerja di luar negeri tanpa memiliki keterampilan atau dengan kata lain kerja serabutan. Keterampilan yang dimiliki termasuk disiplin menjadi penting agar bisa bersaing dengan pekerja lain.


Sumber: BKPM

"Bukan hanya sekadar mencari kesempatan kerja, tapi memang dia keluar negeri karena ada peluang keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan," pungkas Bambang.



(ABD)