Ilustrasi membludaknya pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan  - - Foto: MI/ Angga Yuniar
Ilustrasi membludaknya pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan - - Foto: MI/ Angga Yuniar

PPKM Level 3 saat Nataru Bikin Indonesia Kehilangan Momentum Pemulihan Ekonomi

Ekonomi natal dan tahun baru Pemulihan Ekonomi Nasional PPKM Darurat PPKM level 3 PPKM Diperpanjang Penanganan Covid-19 Pusat Perbelanjaan Mulai Ramai
Nia Deviyana • 26 November 2021 20:28
Jakarta: Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 pada periode Natal dan Tahun Baru 2022 untuk mencegah penyebaran covid-19 akan berimbas pada penurunan pengunjung pusat perbelanjaan.
 
Dengan PPKM level 3, kapasitas keterisian pusat perbelanjaan hanya boleh 25 persen dan dibuka hingga pukul 20.00. Sebab, masyarakat berusia di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun dilarang memasuki mal.
 
Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menyebut Indonesia akan kehilangan momentum pemulihan ekonomi lantaran masyarakat biasanya akan berbelanja pada saat periode Natal dan Tahun Baru.
 
"Dengan diberlakukannya kembali pembatasan pada saat menjelang Natal dan Tahun Baru nanti maka diperkirakan rata-rata tingkat kunjungan pada 2021 akan tidak lebih dari 60 persen, tapi diharapkan juga tidak menjadi lebih rendah dari 2020 lalu," ujarnya saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 26 November 2021.
 
Alphonzus memaparkan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan mengalami tren kenaikan terus sejak pemerintah memberlakukan berbagai pelonggaran yang dimulai sejak awal Agustus 2021.
 
Ia pun menilai pusat perbelanjaan tidak akan menjadi klaster baru penyebaran covid-19 karena semua orang yang masuk mal harus lolos screening saat menscan aplikasi PeduliLindungi.
 
"Masyarakat juga akan ditegur jika tidak menggunakan masker pada saat akan memasuki ataupun pada saat berada di dalam pusat perbelanjaan yang mana hal tersebut tidak dilakukan pada saat masyarakat berkegiatan ataupun beraktivitas di tempat sendiri," ungkapnya.
 
Sebelumnya, pemerintah menetapkan kebijakan PPKM level 3 di seluruh wilayah selama Natal dan Tahun Baru yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Aturan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif