NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

RUU Ciptaker Bisa Dongkrak Stagnasi Ekonomi Imbas Covid-19

Ekonomi Omnibus Law
Whisnu Mardiansyah • 20 Maret 2020 22:26
Jakarta: Pertumbuhan ekonomi nasional diprediksi stagnan di tengah merebaknya virus korona (covid-19). Masalah ini perlu diantisipasi dengan mempercepat pembahasan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) demi mendongkrak investasi.
 
Pengamat ekonomi dari Universitas Sumatra Utara (USU), Wahyu Ario Pratomo, mengtakan covid-19 sudah pasti berimbas pada ekonomi Indonesia. Terlebih, jika pemerintah menerapkan kebijakan lockdown.
 
Untuk mengembalikan kondisi ekonomi seperti semula bukan perkara mudah. Menurut dia, keberadaan RUU Cipkater mendorong investasi yang membuka lapangan pekerjaan saat pandemi covid-19 mereda.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau saya baca drafnya, pemerintah berkeinginan meningkatkan investasi, makanya kemudian tujuannya menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau masih banyak orang yang mendapatkan dampak positifnya sebaiknya kebijakan ini diambil saja," kata Wahyu di Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Baca: Dampak Covid-19 Bikin Ekonomi Makin Tertekan
 
Wahyu memahami banyak penolakan dari berbagai elemen karena belum memahami RUU ini seutuhnya. Dia meminta pemerintah membuka ruang dialog yang selebar-lebarnya selama pembahasan RUU.
 
Dia berharap ada jalan tengah demi kepentingan bangsa dan negara. “Apa yang menjadi keberatan itu bisa didiskusikan,” kata Wahyu.
 
Menurut Wahyu, ada penyampaian informasi ke masyarakat yang tidak utuh sehingga menimbulkan pro dan kontra. Dia menilai RUU itu memiliki banyak dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
 
“Harus memandang jernih, dampak positif apa. Apakah orang yang mendapatkan positif lebih banyak atau tidak,” kata Wahyu.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif