20 Tahun Pasca Reformasi, Struktur Ekonomi RI Banyak Berubah
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok: AFP).
Jakarta: Selama periode 1998 hingga 2018 atau selama 20 tahun pasca reformasi struktur ekonomi Indonesia telah banyak mengalami perubahan.‎ Setidaknya ada lima perubahan yang tampak.

Perubahan pertama, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, terkait peraturan perundang-undangan Bank Indonesia (BI) yang berlaku saat ini. Bank sentral sudah bisa berdiri sendiri dalam menjalankan tugasnya, tanpa adanya intervensi dari pemerintah.

"Tidak ada lagi intervensi, baik dalam pengendalian rupiah maupun stabilitas harga," kata Sri Mulyani, ‎ditemui di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa, 22 Mei 2018.

Kedua, adalah mengenai tata kelola Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang lebih transparan dan terjaga dengan rambu-rambu yang lebih jelas terkait porsi defisit anggaran dan utang. Ketiga, Indonesia telah memiliki lembaga anti korupsi yang berdiri independen.

Poin keempat, wanita yang biasa disapa Ani ini menyebutkan, Indonesia telah memiliki Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membuat pengawasan sektor keuangan dapat dilakukan secara lebih independen serta profesional.

Dengan berdirinya OJK, Ani mengaku, pemerintah bisa melakukan koreksi dan meminta pertanggungjawaban kepada pemilik perusahaan jasa penyedia layanan keuangan, baik perbankan maupun nonperbankan. "‎Untuk yang kelima, swasta jug‎a telah lebih sadar akan penting transparansi," jelas dia.‎



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id