Presiden Joko Widodo/Foto: Medcom.id.
Presiden Joko Widodo/Foto: Medcom.id.

Jokowi Akui Sinyal Positif di Perekonomian Mulai Tampak

Ekonomi IHSG Kurs Rupiah joko widodo Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 03 Desember 2020 12:01
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengakui sinyal positif untuk perbaikan perekonomian di tengah pandemi covid-19 sudah mulai terlihat. Hal ini tak lepas dari kerja keras pemerintah yang selama sembilan bulan bergelut menghadapi dampak pandemi.
 
Selama ini, menurutnya, pemerintah selalu menjaga keseimbangan kebijakan gas dan rem untuk menghambat penyebaran covid-19. Hasilnya, ia mengklaim pandemi bisa diatasi sementara pemulihan ekonomi juga sudah mulai terlihat sejak kuartal III-2020.
 
"Sinyal positif perekonomian juga sudah jelas, semakin jelas. Kerja keras kita mulai menampakan hasil," kata dia dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 secara virtual di Jakarta, Kamis, 3 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kuartal III-2020, ekonomi Indonesia terkontraksi 3,49 persen atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang minus 5,32 persen. Jokowi menyebut, hal ini menjadi sinyal untuk pemulihan ekonomi yang lebih baik lagi pada kuartal-kuartal selanjutnya.
 
"Artinya kita telah melewati titik terendahnya, titik balik menuju membaik, tren positif membaik. Dan dengan momentum ini saya yakin kita akan bergerak lagi ke arah positif pada kuartal IV dan seterusnya," ungkap dia.
 
Ia menambahkan, perbaikan pemulihan ekonomi juga terlihat dari surplus neraca perdagangan sebesar USD8 miliar di kuartal III-2020. Sementara di pasar keuangan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah sama-sama mengalami penguatan.
 
"IHSG di 5.522 dan kurs rupiah terhadap dolar AS Rp14.050 pada 17 November 2020. Perbaikan kinerja IHSG terdorong peningkatan indeks saham sektoral. Sektor industri dasar mengalami pemulihan indeks saham terbesar sejak penurunan tajam di 24 Maret 2020 lalu," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif