Ilustrasi. Foto: MI/Atet
Ilustrasi. Foto: MI/Atet

Sri Mulyani Siapkan Rp30,8 Triliun untuk THR Tahun Ini, Begini Rinciannya

Ekonomi Sri Mulyani tunjangan hari raya ASN Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 29 April 2021 17:17
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran sebesar Rp30,8 triliun untuk penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pensiunan, hingga pejabat negara. Anggaran ini termasuk bagi ASN di pemerintah daerah.
 
"Anggaran yang digunakan untuk THR ASN, TNI/Polri adalah pertama, kementerian/lembaga ASN, TNI/Polri DIPA Rp7 triliun," kata dia dalam video conference di Jakarta, Kamis, 29 April 2021.
 
Kemudian, untuk ASN di pemerintah daerah dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), ia mengalokasikan Rp14,8 triliun. Sementara untuk para pensiunan, pemerintah mengalokasikan anggaran THR sebesar Rp9 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, pemberian THR tahun ini diberikan berdasarkan gaji pokok dan tunjangan melekat saja sama seperti tahun lalu. Artinya, tunjangan kinerja (tukin) dan insentif lainnya tidak disertakan dalam perhitungan THR bagi para ASN, TNI/Polri, dan pensiunan.
 
"Di satu sisi tetap memberikan THR untuk seluruh PNS, pensiunan, pekerja PPPK, dan PNS daerah. Namun di sisi lain pemerintah melihat kondisi covid yang membutuhkan dana dan anggaran APBN bagi penanganan dan sekaligus memberi perhatian yang masih membutuhkan perhatian pemerintah," ungkapnya.
 
Sri Mulyani menambahkan, pemberian THR tahun ini diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi melalui dukungan konsumsi masyarakat. Rencananya THR akan mulai dicairkan pada H-10 sampai H-5 menjelang Hari Raya Idulfitri.
 
"Kebijakan pemerintah dalam memberikan THR tersebut akan menjadi salah satu faktor untuk mendorong konsumsi masyarakat kelas menengah dan membantu akselerasi pemulihan ekonomi. Kebijakan pemberian THR yang ditampung APBN 2021, penyalurannya dilakukan dimulai periode H-10 sampai H-5 sebelum Idulfitri," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif